Kamis, 06 November 2014

KULINER KOREA

"KOREA"
Apa sih yang kalian pikirkan ketika mendengar salah satu nama negara ini disebut?
Apakah kalian teringat dengan musik K-POP yang keren-keren?
Atau kalian teringat dengan drama koreanya yang menurutku lumayan bagus..? (Mending lah daripada sinetron.. hehe)

oke kali ini aku nggak akan memposting tentang K-Pop atau K-Drama, but i will share about "Korean Food."

Ini adalah pengalaman aku saat mencoba beberapa makanan khas korea waktu aku jalan-jalan di Jogja. (hehe.. kenapa ga di korea sekalian.. )

jadi ceritanya waktu berkunjung di kota Jogja, sahabat yang udah aku anggap kaya kakak nih...(Oenni...) ngajak aku nyobain salah satu tempat makan yang menyediakan makanan khas Korea.

Dulu sih tempatnya ada di samping kampus UNY (Jalan Colombo) tapi sekarang udah pindah di Food Court Ambarukmo Plaza (Amplaz)

1. Bibimbap

The first Korean food is BIBIMBAP...
yups.. ini adalah makanan korea pertama yang pernah aku coba. Jadi ada Bibimbap ini adalah nasi yang masih panas didalam mangkuk batu yang agak besar trus diatasnya ditaruh sayuran seperti irisan wortel, taoge, jamur, ada daging sapi, rumput laut dan ditengahnya ada telur setengah matang.
cara makannya diaduk-aduk jadi satu.

kalau aku sendiri agak kurang suka sama Bibimbap. mungkin ga cocok sama lidahku kali ya hehehe...







2. Dosirak

Dosirak adalah makanan korea kedua yang pernah aku coba. Dosirak ini sejenis lunch box atau nasi kotaknya Korea. Kalo biasanya di Indonesia kita bisa dapet bermacam-macam menu dalam satu kotak, sama juga dengan Dosirak ini. 

Dalam sekotak lunch boxnya kamu bisa nyicipin gurihnya bulgogi (daging sapi cincang) , segarnya kimchie, gimbab (nasi yang dibalut dengan rumput laut) salad, dan edamame. Pokoknya Yummi banget lah...i like this.. ^_^






3. Tteokbokki

Ini nih, my favourit korean food, terbuat dari tepung beras dan diberi saos. rasanya yummi banget karena saosnya ada irisan ikan dan bawang bombay... 
kebetulan juga aku beli ice cream pasta kacang merah rasa vanila buat desert yang cocok deh sama si Tteokbokki nih hehe



4. Bulgogi
Bulgogi adalah daging sapi yang di beri bumbu bulgogi yang terbuat dari campuran kecap asin dan gula ditambah bumbu lain bergantung pada resep dan daerahnya di Korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau penyedap lain sesuai selera.
waktu makan ini jadi teringat film "My Girl Friend is Gumiho" hehehe...



Yups... itu tadi pengalamanku makan makanan korea.. dan menurutku yang paling enak adalah makanan buatan ibu.. ^_^ 
sebenernya masih ada lagi yang pingin aku posting lagi... tapi sekian dulu aja deh..hehe

Gomawo Chingu.. ^_^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar